3 Tips Guru Memotivasi Siswa

Motivasi sangat dibutuhkan oleh setiap orang. semangat orang untuk mencapai suatu cita-cita yang ingin dicapai mengalami fluktualisasi atau masa naik turun. Motivasi merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Dalam kegiatan belajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri peserta didik yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai.

3 Tips Guru Memotivasi Siswa

Related image

Dalam kegiatan belajar motivasi sangatlah diperlukan, sebab seseorang yang tidak memiliki motivasi belajar tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar. Motivasi bisa timbul dalam diri peserta didik tanpa ada paksaan dorongan orang lain, ada juga motivasi yang muncul dari luar diri peserta didik, dalam hal ini peran guru sangatlah diperlukan. Motivasi yang sengaja dibentuk oleh orang luar, dalam hal ini adalah guru seperti di kutip dari buku (Trik A-Z Menjadi Guru Kreatif Dirindui dan Dicintaii Murid) karya (Didik dan Murtafi'atun) dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

1.  Pemberian Penghargaan

Pemberian penghargaan ini dapat bersifat positif karena dapat menumbuhkan inisiatif, kemampuan-kemampuan yang kreatif dan semangat kompetensi yang sehat. Pemberian penghargaan tidak selalu berupa barang tetapi dapat juga berupa pujian. Bagi peserta didik yang aktif atau bisa menjawab dengan benar maka guru harus memberikan penghargaan. Hal ini akan memotivasi peserta didik agar tetap aktif, menikmati proses pembelajaran dan mencapai prestasi.

2.  Pemberian Perhatian

Pemberian motivasi yang cukup dengan segala potensi yang dimilikinya merupakan bentuk motivasi sederhana, namun bisa memberikan dampak positif. Banyak peserta didik yang tidak memiliki motivasi belajar karena tidak merasakan adanya perhatian guru.

3.  Ajakan Berpartisipasi

Seseorang apabila dilibatkan secara aktif berpartisipasi dalam suatu kegiatan, maka akan dianggap berharga. Oleh karena itu guru harus selalu mengajak dan mengulurkan tangan kepada peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran agar lebih bergairah dalam belajar dan memperkaya proses interaksi antar peserta didik.

Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari warungles.blogspot.co.id . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di beritagurudankepegawaian. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik
LIKE & SHARE

0 Response to "3 Tips Guru Memotivasi Siswa"

Posting Komentar